Sabtu, 20 Juli 2024

Kolaburasi antar Lembaga Pelatihan, Disperinaker Kerjasama P4S Gading dan Ustan Mandiri Latih 20 Petani ternak

ustanmandiri

Kolaburasi antar Lembaga Pelatihan, Disperinaker Kerjasama P4S Gading dan Ustan Mandiri Latih 20 Petani ternak di Desa Kolong.  Dinas Perindustrian dan tenaga kerja kabupaten bojonegoro jawa timur berupaya untuk menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat yang berada di kecamatan Ngasem tepatnya di desa kolong.

Program cipta kerja tersebut dengan tujuan untuk mengurangi angka kemiskinan yang ada di daerah kabupaten bojonegoro, kali ini yang mendapatkan pelatihan tersebut adalah desa Kolong, Sokosendangharjo dan Jampet Kecamatan Ngasem. Dalam program pelatihan kerja tahun 2024 telah dibuka pada hari jumat 19 juli  di pendopo Kecamatan Ngasem.

Dengan adanya pelatihan ketrampilan kerja, Disperinaker meminta desa untuk mengirimkan masing masing enam dan lima masyarakat yang ternak untuk dilatih dan diberdayakan dengan harapan petani ternak menjadi lebih meningkatkan usaha ternaknya dan yang dukung oleh pengetahuan sumber daya manuasia peternaknya dari hasil pelatihan.

Lembaga Pelatihan  Kerja, LPK  P4S Gading yang menjadi patner kerjasama Disperinaker berkolaburasi dengan P4S Ustan Mandiri untuk melaksanakan kegiatan pelatihan budidaya ternak ruminansia dan tehnologi pakan dengan sasaran peserta tani ternak di tiga desa.

Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya, P4S Ustan Mandiri yang notabenya ahli didalam usaha bidang peternakan kambing domba dan sapi di kegiatan pelatihan menjadi Instruktur pelatihan budidaya ternak.

Hari sabtu menjadi hari pertama menjalankan pelatihan dengan materi pakan kosentrat sebagai pakan penggemukan dan peranakan sesuai yang dibutuhkan oleh peserta pelatihan. Ada empat inovasi pakan dan pupuk yang akan dilatihkan kepada 20 peserta pelatihan yakni pakan kosentrat, pakan komplet feed, pakan Fermentasi dari limbah pertanian yang ada di sekitar dan pupuk kompos dengan bahan baku limbah peternakan.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar