Selasa, 09 Juli 2024

Pemdes Mulyorejo Gelar Pelatihan Kewirausahaan Kejasama P4S Ustan Mandiri Manfaatkan Limbah Pertanian Dan Peternakan


ustan mandiri

Pemdes Mulyorejo Gelar Pelatihan Kewirausahaan Petani dan Peternak Manfaatkan Limbah Ternak Menjadi Pupuk. Pemerintah desa mulyorejo kecamatan tambakrejo kabupaten bojonegoro, selasa 9 juli menggelar pelatihan membuat pupuk kompos dari limbah kotoran ternak. Pelatihan kerjasama Pemdes Mulyorejo dan P4S ( pusat pelatihan pertanian dan pedesaan swadaya Ustan Mandiri Dolokgede.

Pelatihan yang di ikuti oleh dua puluh lima warga desa yang notabenya adalah  petani dan  peternak disambut antusias oleh peserta pelatihan.

Sekretaris desa, Tutut Arisona, S.Pd mengatakan, dilakukanya pelatihan kewirausahaan dan bimtek tersebut adalah menggali potensi-potensi peternak dan petani desa mulyorejo agar menjadi yang lebih modern dalam menjalankan inovasi – inovasi peternakan dan pertanian.

Untuk menjadikan desa lebih bersih dan sehat dari limbah- limbah pertanian dan kotoran hewan, pemerintah desa memberikan solusi yang tepat guna bagi para petani dan peternak di lingkunganya masing- masing, pemerintah desa menginiasikan adakan Pelatihan membuat pupuk kompos yang bahan bakunya dari limbah  pertanian dan peternakan.

Dalam pelatihan yang dilaksankan oleh pemerintah desa tersebut adalah bentuk kepedulian yang menjadi program pemberdayaan bagi masyarakat untuk meningkatkan kapasitas sumber daya petani dan peternak di desa tersebut.

Harapan pemerintah desa adanya pelatihan kewirausahaan tepat guna tersebut, bermunculan para petani dan peternak yang kreatif dan inovatif dalam mengolah limbah pertanian dan peternakan sehingga mampu membuka peluang usaha serta membuka lapangan pekerjaan baru di bidang pertanian dan peternakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar